7 Jenis Pelanggaran Dalam Permainan Bola Basket

Jenis-jenis pelanggaran dalam permainan bola basket- Permainan bola basket merupakan jenis olahraga beregu dengan beranggotakan 5 orang di masing-masing tim. Seperti pada jenis olahraga yang lain, dalam permainan bola basket tentu ada aturan yang harus diikuti oleh semua pemain. 

Gambar Bola Basket
Permainan Bola Basket


Jika para pemain tidak mengikuti peraturan permainan  yang berlaku maka terjadi pelanggaran, yang dapat mengakibatkan pemain dikeluarkan dari permainan atau tim lawan diberikan kesempatan untuk mencetak poin. 

Nah, jika anda penasaran apa saja jenis pelanggaran dalam permainan bola basket, berikut ini kami rangkum 7 macam jenis pelanggaran umum dalam permainan bola basket:

1.Traveling

Traveling adalah pelanggaran di mana seorang pemain berjalan lebih dari dua kali dengan bola dalam genggaman mereka tanpa melakukan dribble. Hal ini terjadi ketika pemain melakukan langkah-langkah kecil atau mengambil lebih dari satu langkah setelah melakukan dribble. Pelanggaran ini menyebabkan bola diserahkan ke tim lawan.

2. Double Dribble

Double dribble terjadi ketika seorang pemain menggunakan kedua tangan untuk mengendalikan bola atau melakukan dribble, atau ketika mereka menghentikan dribble dan kemudian memulai lagi. Pelanggaran ini menyebabkan bola diserahkan ke tim lawan.

3. Blocking

Pelanggaran blocking terjadi ketika seorang pemain mencoba untuk menghalangi pergerakan pemain lawan dan tidak berdiri dengan benar atau tidak memberikan ruang yang cukup untuk pemain lawan. Hal ini terjadi ketika pemain memasang tubuh mereka di depan pemain lawan atau mencoba untuk mengambil bola ketika pemain lawan masih dalam proses dribble.

4. Charging

Pelanggaran charging terjadi ketika seorang pemain menabrak pemain lawan yang berdiri dengan posisi yang benar. Hal ini terjadi ketika pemain mencoba untuk memasuki wilayah yang dijaga oleh pemain lawan dengan cara yang agresif, atau ketika pemain mencoba untuk membawa bola ke depan dengan cara yang tidak terkendali.

5. Foul 

Foul adalah pelanggaran ketika seorang pemain melakukan kontak yang tidak sah dengan pemain lawan, seperti memukul, menarik, atau mendorong mereka. Hal ini terjadi ketika pemain mencoba untuk mengambil bola atau melindungi area tertentu dari wilayah permainan.

6. Technical Foul

Technical foul terjadi ketika seorang pemain melakukan pelanggaran yang tidak berhubungan langsung dengan permainan, seperti berkata-kata kasar atau melakukan gerakan yang tidak senonoh. Technical foul mengakibatkan tim lawan diberikan poin percuma dan bola diserahkan ke tim lawan.

7. Out-of-Bounds

Out-of-bounds terjadi ketika bola melewati garis samping atau garis akhir. Hal ini dapat terjadi ketika pemain melempar bola ke arah yang salah atau ketika bola dipukul oleh pemain lawan dan keluar dari area permainan.

Demikianlah artikel mengenai beberapa jenis pelanggaran dalam permainan bola basket. Penting bagi pemain untuk memahami aturan permainan dan bermain dengan fair play untuk menghindari pelanggaran dan mendapatkan hasil yang baik dalam permainan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel