13 Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Struktur Penulisanya

Contoh Teks Eksposisi - Kalian tahu apa itu teks eskposisi? Teks eksposisi adalah teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan, atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat dan harus mengandung sejumlah informasi yang valid, akurat, ilmiah, non fiksi, yang disajikan secara singkat, padat dan jelas. Teks ini hanya memiliki satu argumentasi. Tidak seperti teks negosiasi yang berisi dua argumentasi.

Sedangkan teks eksposisi menurut wikipedia adalah jenis pengembangan teks dari suatu paragraf dalam penulisannya terdapat isi yang ditulis dengan tujuan untuk menerangkan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, namun sangat padat.

Sebagai contoh, teks eksposisi ini biasa digunakan pada tulisan berita koran dan petunjuk penggunaan. Sehingga teks ini sangat mudah dan sering sekali di jumpai dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di saat membaca sebuah berita maupun ilmu pengetahuan tertentu.

Oleh karena itu, sebuah teks eksposisi menjadi salah satu ilmu pengetahuan yang wajib  diketahui dan dipelajari.

Poin pentingnya adalah paragraf teks ekposisi ini setidaknya harus memiliki informasi data yang faktual, terdapat suatu analisis atau penafsiran yang objektif dan terdapat fakta dari apa yang dibahas.

Struktur Teks Eksposisi

 Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
 Contoh Teks Eksposisi Singkat

Di dalam jenis teks seperti ini terdapat struktur penulisan yang baku sehingga pembacanya dapat membedakannya dengan jenis teks lainnya. Dalam penulisanya, terdapat 3 struktur baku dalam menyusun sebuah teks Eksposisi. Struktur tersebut dapat dijadikan sebagai acuan kalian ingin membuat sebuah teks eksposisi.

1. Thesis (Pernyataan Pendapat)


Tesis atau pendahuluan, bagian ini merupakan pembuka dari penulisan exposition text. Tesis merupakan pernyataan pendapat dari penulis secara pribadi tentang topik atau masalah yang dibahas.

2. Argument (Argumentasi)


Argumentasi ini merupakan bagian dari penulisan exposition text yang didalamnya berisi tentang alasan-alasan yang mendukung atau memperkuat pendapat penulis pada bagian pendahuluan. Argumentasi bisa diambil dari hasil penelitian para ahli, ataupun pendapat pakar di bidang tertentu sehingga memperkuat pendapat pribadi si penulis.

3. Reiteration (Penegasan Ulang Pendapat)


Reiterasi adalah penegasan kembali pendapat penulis pada bagian tesis sehingga pembaca dapat lebih memahami sepenuhnya isi dari teks tersebut. Biasanya reiterasi disertai dengan bukti-bukti pendukung, dan merupakan bagian dari kesimpulan suatu teks yang dibuat penulis.

Contoh-Contoh Teks Eksposisi


Sangat banyak sekali contoh-contoh teks eksposisi yang bisa kita temukan di sekitar kita, contoh teks eksposisi ini dapat anda lihat di majalah, koran maupun buku pelajaran sekolah. Bahkan, banyak sekali media online yang menggunakan teks artikel dengan struktur eksposisi.

Nah, dalam kaitanya dengan teks eksposisi, berikut ini beberapa contoh teks eksposisi berdasarkan jenisnya :

1. Contoh Teks Eksposisi Singkat Dan Strukturnya


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini adalah contoh teks eksposisi beserta strukturnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah.

Tesis:

Kebersihan lingkungan sekolah adalah satu dari beberapa faktor penting untuk menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siwi agar menjaga kebersihan.

Tak jarang banyak dilakukan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswi agar peduli terhadap kebersihan. Beberapa cara bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas.

Argumentasi:

Di kelas biasanya dilakukan pembagian piket per hari untuk menjaga kebersihan, petugas piket biasanya melakukan tugas untuk menyapu, menghapus papan tulis, dan mempersiapkan alat tulis guru.

Di hari jumat semua anggota kelas melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Salah satu manfaatnya yaitu membuat hubungan antara murid dan murid maupun guru dan murid semakin akrab.

Penegasan Ulang: 

Kebersihan lingkungan sekolah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan menjadi faktor penting demi meraih proses belajar mengajar yang nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Sehingga kebersihan adalah usaha manusia sehingga lingkungan tetap sehat terawat secara terus menerus.

2. Contoh Teks Eskposisi Singkat Tentang Pendidikan


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis :

Pendidikan merupakan senjata  yang paling ampuh, karena dengan pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa arti itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.

Argumentasi :

Pendidikan yang saat ini ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan. Apa yang harusnya sekarang disadari oleh para pelajar yaitu adanya keinginan belajar dan berprestasi.

Dengan tekad kuat untuk membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, maka para pelajar harus segera menyadari bahwa pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada sudah ditopang oleh pemerintah.

Dengan begitu, derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui dikancah internasional dunia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan dianggap remeh, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun, pendidikan yang ada sering kali dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal itu mencoreng dunia pendidikan Indonesia.

Penegasan Ulang : 

Maka dari itu tugas kita sekarang adalah tetap mempertahankan pendidikan yang ada. Membantu keseimbangan dalam sistem pendidikan dan juga terus memperbaiki kekeliruan terkait pendidikan yang terjadi di sekitar kita

3. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis:

Pisang adalah tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah. Pisang biasa diambil buahnya hanya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C) mineral ( kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan besi) serta karbohidrat.

Selain buah, seluruh bagian dari tanaman pisang dari daun, bonggol, jantung, hati, bahkan hingga kulit pisang mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Argumentasi:

Daun pisang dapat digunakan masyarakat sebagai alat membungkus makanan atau bahkan tempe. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, selain juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun pisang mempunyai zat polifenol yang dapat digunakan sebagai  antioksidan.

Antioksidan dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Membungkus makanan menggunakan daun pisang juga akan membuat makanan tersebut terserap kandungan daun pisangnya.

Masyarakat di pedesaan juga memanfaatkan jantung pisang yang sudah waktunya dipotong dari pohonnya untuk dimasak. Kebiasaan ini sudah turun menurun. Jantung pohon pisang mengandung flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas dan pemicu kanker.

Jantung pisang mengandung mineral, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan c serta protein. Hal ini juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan seperti mencegah diabetes, stroke, gondok,anemia, dan dapat menurunkan kolesterol.

Penegasan Ulang:

Pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Baik dengan mengkonsumsi secara langsung, maupun dengan proses pengolahan terlebih  dahulu.

Seharusnya ketika memanen buah pisang, bagian pisang lainnya juga dimanfaatkan untuk dapat dikonsumsi. Dengan mengetahui beragam manfaat dan cara pengolahan buah ini, masyarakat bisa memanfaatkannya baik untuk pribadi atau menjadikan sebagai lahan usaha.

4. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Lingkungan


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis :

Salah satu faktor penting kenyamanan dalam proses belajar atau KBM, adalah lingkungan sekolah yang bersih. Bukan hanya untuk kenyamanan belajar saja. Kebersihan lingkungan ini juga sangat penting khususnya untuk menjaga kesehatan para siswa. Apalagi, siswa tentu akan lebih senang jika belajar dalam suasana kelas yang bersih dan asri.

Sayangnya, kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah belum dimiliki semua siswa. Hal itu bisa dilihat dari, banyaknya sampah yang tertimbun di laci kelas, membuang sampah sembarangan, atau mencoret tembok dan meja.

Argumentasi :

Selain karena malas. Faktor utama siswa tidak menjaga kebersihan yaitu karena kurangnya kesadaran dalam diri mereka untuk menjaga kebersihan. Hal itu sangat terlihat dari banyaknya siswa yang masih membuang sampah sembarangan. Padahal, di setiap sudut lingkungan sekolah tempat pembuangan sampah telah tersedia.

Akibatnya, harapan lingkungan sekolah yang bersih dan asri hanya menjadi impian belaka. Dan yang ada hanyalah lingkungan sekolah yang bau, dan kotor. Laci meja kelas yang dipenuhi banyak sampah, dan bahkan serangga seperti nyamuk menjadi sangat banyak. Kondisi kelas seperti ini tentu akan mengganggu proses belajar mengajar. Apalagi lambat laun, sampah yang tidak segera dibersihkan tersebut lambat laun akan menimbulkan bau busuk dan bibit penyakit.

Dan faktor salah lain yang sampai sekarang masih tertanam di benak siswa, yaitu kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah. Anggapan inilah yang akhirnya membuat siswa dengan enteng membuang sampah sembarangan. Padahal sebenarnya, kebersihan sekolah adalah tanggung jawab seluruh warga sekolah.

Penegasan Ulang :

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah perlu di lakukan. Misalkan dengan cara reiboisasi, atau membersihkan ruang kelas dan lingkungan sekolah. Perlu juga penegasan hukum seperti memberikan sanksi pada siswa yang membuang sampah sembarangan. Sesekali, mengadakan kerja bakti di lingkungan sekolah juga bisa dilakukan. Sehingga nantinya, lingkungan sekolah yang bersih dan asri bukan hanya impian tetapi bisa berwujud nyata.

5. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis :

Ekonomi rakyat adalah bagian “kegiatan ekonomi rakyat banyak”. Jika harus dihubungkan dengan kegiatan pertanian, maka kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau nelayan kecil atau peternak, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan lain sebagainya; dan bukan perkebunan maupun peternak besar atau pertanian, dan banyak hal lagi.

Argumentasi :

Perspektif lain dari nama ekonomi rakyat ini dapat dilihat juga dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi untuk rakyat dari rakyat, dan oleh rakyat”, seperti bunyi demokrasi

'Dari rakyat', berarti kegiatan ekonomi berhubungan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas atas rakyat untuk sumber daya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung seluruh kegiatan produktif dan konsumtif.

'Oleh rakyat', berarti proses produksi serta konsumsi yang dikerjakan dan dilakukan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak untuk pengelolaan proses produktif dan juga konsumtif itu. Berhubungan dengan sumber daya (produktif dan konsumtif)

Rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan memutuskan sistem pemanfaatan mana yang dipilih misalnya berapa banyak jumlah yang dimanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, siapa yang memanfaatkan, bagaimana menjaga kelestarian untuk proses pemanfaatan dan seluruh hal terkaitnya dilakukan oleh rakyat.

Penegasan Ulang :

Dalam hal ini perlu dikemukakan bahwa ekonomi rakyat  berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”.  Juga tidak adanya pembatasan mengenai terkait besaran, sifat usaha, jenis produk, permodalan, dan lain sebagainya.

Ekonomi rakyat tidak eksklusif  namun cukup inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri atas pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan juga kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya memfasilitasi ekonomi rakyat untuk terus survive dan berkembang sejalan melalui perkembangan sosial ekonomi masyarakat.

6. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Politik


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis :

Partai politik yang akan mengikuti pemilihan umum, mestinya mempunyai standar dalam merekrut calon anggota legislatif yang tegas dan ketat.

Kriteria calon wakil rakyat itu harus jelas dan bisa menjadi filter dalam mencegah calon wakil rakyat dengan riwayat hidup kurang baik masuk.

Contohnya, caleg yang mempunyai track record masalah korupsi atau pelanggaran HAM, tidak diterima sebagai bakal caleg. Hal ini penting untuk memastikan calon anggota dewan itu benar-benar orang baik yang mempunyai kredibilitas, kapabilitas dan intregritas.

Tentu saja partai politik memiliki mekanisme khusus dalam hal fit and proper test. Kriterianya bisa saja tidak sama bagi semua partai politik. Tetapi paling tidak, ada prinsip umum yang harus digunakan semua partai politik dalam menyeleksi anggotanya.

Argumentasi :

Hal ini penting karena banyak bukti dari hasil survey, bahwasanya parlemen baik tingkat pusat maupun regional dinilai lembaga terkorup.

Hal ini dipaparkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berhubungan dengan kriteria dalam menyeleksi calon wakil rakyat oleh setiap partai politik yang akan mendapatkan suara rakyat dalam setiap pemilu.

Penegasan Ulang :

Penetapan standar caleg kriteria yang tegas dan jelas oleh partai politik sangat dibutuhkan sebab terkait dengan siapa saja orang yang pantas untuk diusung menjadi calon wakil rakyat.

Antikorupsi menjadi hal primer yang harus dicantumkan dalam kriteria menjaring caleg. Konsekuensinya, caleg yang mempunyai rekam jejak kasus korupsi tidak boleh dijadikan sebagai caleg.

Selain antikorupsi yang patut juga dipertimbangkan adalah pelanggar HAM, hal ini merupakan suatu bagian dari warisan reformasi yang hingga kini belum terselesaikan.

Caleg yang memiliki rekam jejak pelanggar HAM dalam bentuk apa pun seharusnya tidak dicalonkan sebagai bakal caleg sebab fungsi wakil rakyat salah satunya yaitu melakukan advokasi terhadap pelanggaran-pelanggaran HAM melalui legislasi.

7. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hewan


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis :

Lebah merupakan hewan yang termasuk dalam familia Apidae dan termasuk dalam kelompok serangga, namun jangan sembarangan memandang lebah. Karena walaupun memiliki tubuh yang kecil, Lebah memiliki banyak manfaat yang bisa didapat melalui sarang, hingga cairan yang mereka hasilkan, yaitu madu. Semuanya itu, memiliki manfaat yang tinggi dengan nilai ekonomis yang tidak kalah tinggi.

Argumentasi :

Lebah mempunyai beragam manfaat yang berguna untuk manusia dan memiliki harga yang cukup menguntungkan. Sebut saja salah satu hasil dari hewan mungil ini adalah cairan madu. Madu yang dihasilkan lebah memiliki banyak kegunaan untuk tubuh, karena mengandung mineral dan kandungan vitamin yang beragam. Tidak hanya itu, terdapat kandungan enzim yang berguna untuk kesehatan tubuh.

Selain madu, lebah memiliki bee pollen yang juga memiliki manfaat untuk tubuh. Sebut saja, bee pollen dapat mengobati radang sendi, varises dan masalah kesehatan lainnya. Karena manfaatnya yang beragam, banyak orang yang berlomba-lomba mendapatkannya walaupun harga bee pollen termasuk mahal di pasaran.

Lebih dari itu, Lebah memiliki royal jelly yang merupakan makanan ratu lebah, royal jelly memiliki manfaat untuk menjaga stamina dan melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Karenanya sangat cocok untuk anda yang memiliki pekerjaan dan aktivitas cukup padat. Karena beragam manfaatnya, masyarakat memilih madu dengan royal jelly untuk dikonsumsi.

Penegasan Ulang :

Dengan beragam kandungan vitamin, mineral dan enzim dalam produk yang dihasilkan oleh Lebah, tentu memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini dapat dirasakan dalam beberapa produk yang dihasilkan oleh Lebah, seperti bee pollen, royal jelly, ataupun madu. Sehingga Lebah tidak lagi menjadi musuh bagi manusia, namun menjadi teman dengan beragam manfaat.

8. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pertanian



Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi


Tesis :

Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah pertanian, mulai dari pemakaian peptisida yang berlebihan hingga usaha untuk mengembalikan tanah menjadi organik, hal ini membuat para ahli petani Indonesia mulai menangani masalah ini, mulai dari penyuluhan ke petani-petani hingga berusaha mengubah tanah yang asalnya non-organik menjadi organik.

Pada tahun 1968 hingga 1992, pada masa kepemimpinan bapak Soeharto, produk hasil-hasil pertanian meningkat tajam, pada tahun 1962 misalnya, produksi padi hanya mencapai 17.156 ribu ton, jumlah ini berhasil ditingkatkan tiga kali lipat menjadi 47.293 ribu ton pada tahun1992, dan Indonesia sering mengekspor beras ke negara lain , pertanian Indonesia meningkat karena kondisi tanah yang waktu itu masih organik sehingga berpengaruh kepada produksi hasil-hasil pertanian.

Argumentasi :

Sedangkan menurut para ahli, tanah yang non-organik sangat berpengaruh pada produksi hasil-hasil pertanian dan kesehatan konsumen karena tanah non-organik mengandung unsur  hara yang berbahaya seperti contoh pemberian peptisida yang mempengaruhi unsur hara dalam tanah, peptisida mengandung zat-zat yang tidak baik untuk kesehatan sehingga tanah yang telah tercampur atau tertetes peptisida telah mengandung unsur hara yang berbahaya.

Sebagai contoh akibat pemakaian pupuk non-organik yang terlalu banyak secara terus menerus menyebabkan unsur hara yang ada di dalam tanah menurun, di negara Indonesia sendiri sebagian besar lahan pertanian telah berubah menjadi lahan krisis, lahan pertanian yang telah masuk dalam kondisi krisis mencapai 66% dari total 7 hektar lahan pertanian yang ada di Indonesia, kondisi ini membuat kesuburan tanah di lahan ini sedikit demi sedikit menurun dan akibatnya hasil produksi pertanian tersebut menurun.

Penegasan Ulang :

Masalah pertanian di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi dengan cara menjadi petani yang baik dan bijak terhadap kualitas hasil pertaniannya bukan hanya mementingkan faktor material, dengan begitu kita dapat memperbaiki pertanian Indonesia menjadi lebih baik.

9. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Internet


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis :

Internet merupakan suatu sistem komunikasi yang jaringannya saling terhubung secara keseluruhan, baik digunakan sebagai media komunikasi di bidang pendidikan, ekonomi, hukum, maupun sosial dan bidang-bidang lainnya.

Argumentasi :

Internet dari segi pendidikan sangat bermanfaat memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, terutama informasi-informasi yang digunakan dalam mengembangkan ilmu. Namun tidak sedikit pula pelajar-pelajar yang menyalahgunakan kemudahan akses ini, dimana ada saja ditemukan karya-karya dari hasil menjiplak karya orang lain.

Internet dari segi ekonomi sangat bermanfaat bagi mereka yang menjalankan bisnis, baik bisnis kecil-kecilan sampai bisnis yang cakupannya cukup luas. Terutama bagi pebisnis yang menjalankan bisnisnya di rumah, internet bisa sangat bermanfaat untuk dijadikan sarana atau media untuk berkomunikasi dengan pelanggannya atau kliennya. Namun tentu anda tetap harus hati-hati, mengingat saat ini marak sekali penipuan yang dilakukan secara online.

Internet dari segi sosial juga sangat membantu untuk menjalankan kehidupan sosial anda, dimana internet ini bisa membantu anda untuk tetap berkomunikasi dengan teman, sanak saudara, dan keluarga. Jarak yang jauh tidak akan menjadi masalah, karena anda tetap bisa berkomunikasi dengan bantuan internet ini. Saat ini banyak sekali pula aplikasi yang biasa digunakan untuk berkomunikasi seperti facebook, whatsapp, instagram, twitter, line, dan masih banyak lagi.

Penegasan Ulang :

Internet memang sangat bermanfaat dalam membantu komunikasi di bidang pendidikan, ekonomi, sosial, dan lainnya. Namun internet tetap memiliki kerugian ketika digunakan, sehingga penggunanyalah yang harus lebih bijak dalam menggunakan internet tersebut.

10. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Narkoba


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis :

Pada saat ini Indonesia sedang mengalami keterpurukan masalah narkoba. Indonesia menjadi negara yang sangat berbahaya masalah narkoba. Satu-persatu para gembong narkoba sudah ditangkap dan dihukum mati. Meskipun yang menjadi gembong narkoba bukan warga negara Indonesia asli akan tetapi secara tidak langsung warga negara Indonesia sangat berperan dalam penyebaran narkoba yang ada di Indonesia. Sebetulnya hal ini sangat merugikan baik rugi secara pribadi maupun negara. Namun orang Indonesia tidak sadar akan hal itu. Mereka menganggap hal ini sangat biasa padahal sangat berbahaya. Maka dari itu Indonesia sekarang adalah menjadi negara narkoba. Karena penyebaran narkoba yang ada dimana-mana.

Argumentasi :

Argumentasi 1 : Banyaknya peredaran narkoba di Indonesia
Penjelas 1.1    : Ditangkapnya Fredy Budiman yaitu seorang bandar narkoba terbesar di Indonesia.
Argumentasi 2 : Kurangnya religiusitas oleh pengguna narkoba
Penjelas 2.1    : Banyaknya remaja Indonesia yang terjerumus ke dalam narkoba karena kurangnya pengetahuan tentang agama/dosa-dosa.
Argumentasi 3 : Rasa ingin coba-coba
Penjelas 3.1    : Para remaja ingin mencoba narkoba karena rasa ingin coba-coba.
Argumentasi 4 : Memakai narkoba karena untuk menenangkan diri tapi akhirnya kecanduan
Penjelas 4.1    : Seseorang menggunakan narkoba biasanya karena memiliki masalah dan untuk menenangkan masalahnya, mereka menggunakan narkoba.

Penegasan Ulang :

Berbagai kasus telah terungkap dalam sindikat narkoba. Bahkan para gembong baik dari dalam negeri maupun luar negeri telah berhasil dihukum mati oleh hukum yang ada di Indonesia. Untuk itu perlu kesadaran khusus untuk masyarakat Indonesia agar tidak terjerumus dalam jurang naarkoba. Banyaknya narkoba yang beredar di Indonesia bahkan dari Sabang-Merauke membuat negara ini menjadi sebutan Indonesia negara narkoba. Meski begitu kita harus tetap memerangi barang haram satu ini. Karena narkoba sangat merugikan baik merugikan pengguna maupun negara.

11. Contoh Eksposisi Perbandingan


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini adalah Contoh Teks Eksposisi Perbandingan "Jokowi VS SBY"

Dalam perjalanan presiden Indonesia, tentu akan selalu ada perbandingan kepemimpinan diantara mereka. Contoh sederhananya adalah perbandingan presiden Jokowi dan presiden SBY. Kedua tokoh nasional itu selalu menjadi bahasan menarik untuk dijadikan perbandingan. Banyak yang menyebut bahwa JOkowi selalu menonjolkan sisi sederhana sedangkan SBY sebaliknya.

Mengenai kebijakan, Jokowi kerap membuat kebijakan yang tidak populer sedangkan SBY selalu menjaga kebijakan tetap populer. Dalam keluarga atau anak, anak Jokowi lebih terlihat merakyat dan seperti anak yang lainnya, sedangkan anak SBY lebih seperti seorang anak Presiden. Dari istri pun juga kerap dibandingkan, jika istri Jokowi banyak yang menyebut sebagai seorang yang lebih suka berdandan ala kadarnya, istri bapak SBY banyak yang menilai lebih suka terlihat elegan dan menarik.

12. Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Berikut ini adalah contoh eksposisi singkat tentang ilustrasi

Pernahkah kalian merasa gugup ketika berbicara atau tampil didepan orang banyak? Biasanya hal tersebut dinamakan demam panggung. Demam panggung terjadi karena kita tidak terbiasa tampil di publik dan selalu merasa bahwa apa yang akan kita sampaikan salah kemudian akan ditertawakan orang banyak. Ketakutan teresebut justru muncul karena rasa kurang percaya diri terus kita pelihara.

Efek yang ditimbulkan demam panggung yaitu badan seacara spontan lemas ketika akan melakukan pertunjukan atau berbicara di depan umum. Suasana hati yang berbedar dan wajah pucat karena takut salah. Demam panggung juga akan mengurangi konsentrasi kita padahal sebelumnya kita sudah mempersiapkan dengan matang dibelakang panggung.

Cara yang paling baik untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan membiarkan tubuh serileks mungkin sebelum memulai pertunjukan. Tarik nafas yang panjang akan melancarkan oksigen masuk ke otak dan menyebabkan otak bekerja dengan baik sehingga konsetrasi terjaga. Tarik nafas juga dapat meregangkang otot-otot yang tadinya kaku ketika merasa takut.

13. Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Kebakaran Hutan


Contoh Teks Eksposisi Singkat Dalam Berbagai Kasus Lengkap dengan Strukturnya
Contoh Teks Eksposisi

Tesis :

Setiap tahun , warga dikawasan sumatera dan kalimantan menderita karena kebakaran hutan dan lahan. Penyebab bencana asap telah diketahui dan berbagai upaya telah dilakukan untuk memadamkannya. Namun bencana tersebut selalu berulang dan menjadi hajat tahunan republik ini.

Argumentasi :

Kebakan hutan biasanya disebabkan oleh faktor alam yang berpengaruh , misalnya udara yang sangat panas disaat musim kemarau dan fenomena El Nino yang mempermudah dan memperluas penyebaran api. Selain itu juga disebabkan karena ulah manusia yang tidak sadar akan pentingnya hutan dan sikap yang ceroboh.
Oknum-oknum pembakar hutan dan lahan jelas memiliki motif ekonomi salah satunya karena metode inilah yang paling murah. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) , pembukaan lahan dengan membakar hanya perlu biaya Rp. 600.000,00 – Rp. 800.000,00 per hektar , sedangkan tanpa bakar Rp. 3.500.000,00 – Rp. 5.000.000,00.
Dampak dari terjadinya kebakaran hutan antara lain menyebabkan musnahnya satwa dan tumbuhan yang hidup di dalam hutan , menyebabkan kegundulan hutan sehingga berpotensi banjir dan yang paling utama adalah kabut asap yang mengganggu kehidupan sehari-hari misalnya mempengaruhi jarak pandang ketika berkendara.

Penegasan Ulang :

Kebakaran  hutan menimbulkan berbagai dampak yang merugikan bagi manusia sehingga diperlukan upaya untuk mengatasinya. Upaya yang dimaksud seperti memberikan penyuluhan tentang pentingnya hutan, melarang pembukaan lahan dengan membakar hutan serta tidak membuang puntung rokok sembarangan.

Link materi penting yang berkaitan dengan Teks Eksposisi


Dibawah ini terdapat beberapa link artikel yang relevan dengan teks eksposisi, silahkan dibaca dan dipahami isi materi didalamnya:


Kesimpulan


Dalam ulasan materi tentang diatas sudah dijelaskan mengenai apa itu teks eksposisi dan contoh-contoh teks eksposisi secara lengkap. Baik untuk contoh teks eksposisi tetang pendidikan, ekonimi, kesehatan, bisnis, lingkungan, dsb.

Setelah mengetahui penjabaran dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi merupakan  teks yang berfungsi untuk mengungkapkan gagasan, atau mengusulkan sesuatu berdasarkan argumentasi yang kuat dan harus mengandung sejumlah informasi yang valid, akurat, ilmiah, non fiksi, yang disajikan secara singkat, padat dan jelas. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel