Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri dan Contoh Teks Eksposisi

Teks Eksposisi - Apakah kalian sering membaca surat kabar, majalah, atau artikel di media cetak atau di media elektronik? Ternyata informasi dalam bentuk artikel yang kalian baca di media tersebut termasuk ke dalam jenis teks eksposisi, lho. Namun, teks ini tidak hanya terbatas pada artikel atau berita yang dimuat media tersebut, melainkan jika kalian berdiskusi dengan teman, informasi yang kalian bagikan itu juga termasuk eskposisi.

Jadi, sebenarnya apa sih yang dimaksud teks ekposisi itu? Nah, pada materi pembahasan kali ini akan kami ulas secara lengkap tentang perngertian teks eksposisi, struktur teks eksposisi, jenis-jenis teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi dan contoh-contoh teks eksposisi. Jadi, mari simak ulasan lengkapnya dibawah ini agar kalian semakin paham.

Pengertian Teks Eksposisi


Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri dan Contoh Teks Eksposisi
Teks Eksposisi / foto: unsplash.com
Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi (exposition text)? Secara umum, Pengertian Teks Eksposisi adalah sebuah teks yang berisi sebuah informasi yang berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan kepada kita semua mengenai suatu topik.

Secara spesifik, teks eksposisi dapat diartikan sebagai suatu pengembangan paragraf dalam penulisan dimana isinya berupa informasi gagasan, memberikan penjelasan atau pengertian dengan menggunakan struktur gaya penulisan yang singkat, padat, namun akurat.

Fungsi dan Tujuan Teks Eksposisi


Penulisan teks eksposisi ini memiliki fungsi dan tujuan untuk menyampaikan, mengungkapkan, menerangkan atau menguraikan suatu gagasan atau informasi berupa pokok pokok pemikiran mengenai suatu topik yang sifatnya non-fiksi dengan dasar argumentasi yang kuat. Sehingga dengan membaca teks eksposisi maka pembaca diharapkan memperoleh pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian yang disampaikan.

Unsur-Unsur Teks Eksposisi


Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri dan Contoh Teks Eksposisi
Teks Eksposisi / foto: creativelive.com

Setidaknya ada dua unsur pokok dalam teks eksposisi yang perlu ditekankan dalam penulisan teks eksposisi, unsur-unsur tersebut diantaranya:

1. Gagasan/ide/pendapat. 


Biasanya gagasan atau ide berupa pernyataan komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan.

2. Fakta. 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta merupakan kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada dan terjadi. Fakta dalam teks eksposisi dapat berfungsi untuk memperkuat gagasan atau pendapat sehingga diharapkan dapat lebih meyakinkan pembaca.

Ciri-Ciri Teks Eksposisi


Sama seperti jenis teks yang lain, teks eksposisi juga memiliki ciri-ciri yang bisa diketahui. Adapun ciri kebahasaan teks eksposisi adalah memakai kata ganti/pronomina, berdasar pada fakta, sifatnya informatif dan berupa opini atau pendapat. Lebih lanjut ciri-ciri teks eksposisi adalah sebagai berikut:
  1. Berusaha menjelaskan tentang sesuatu.
  2. Gaya tulisan bersifat informatif.
  3. Fakta dipakai sebagai alat kontribusi.
  4. Fakta dipakai sebagai alat konkritasi. 

Jenis Jenis Teks Eksposisi


Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri dan Contoh Teks Eksposisi
Teks Eksposisi / foto: searchenginejournal.com

Berdasarkan jenisnya, teks eksposisi ini memiliki 6 jenis. Jenis jenis teks eksposisi antara lain adalah sebagai berikut:

Eksposisi definisi


yaitu memaparkan definisi atau pengertian suatu topik tertentu.

Eksposisi proses


yaitu tahapan-tahapan atau cara-cara untuk melakukan sesuatu dari awal hingga akhir.

Eksposisi ilustrasi


yaitu memberikan gambaran atau penjelasan yang sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang mempunyai kesamaan sifat atau kemiripan.

Eksposisi pertentangan


yaitu berisi hal pertentangan akan suatu hal dengan hal lainnya.

Eksposisi laporan


yaitu memberikan laporan dari sebuah peristiwa atau penelitian tertentu.

Eksposisi perbandingan


yaitu ide atau gagasan utamanya dipaparkan dengan cara membandingkan suatu hal dengan yang lain.

Struktur Teks Eksposisi


Secara umum, struktur teks eksposisi terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah judul, pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi atau alasan dan penegasan ulang atau simpulan. Penjelasan mengenai struktur teks eksposisi ini adalah sebagai berikut:

1. Judul (Tema atau Topik Bahasan)


Judul hendaknya menggambarkan sesuatu topik yang dibahas dalam teks Eksposisi. Judul ini harus ditulis dengan kata-kata yang singkat, menarik dan sarat akan makna.

2. Tesis (Pernyataan Pendapat)


Tesis atau juga dikenal sebagai bagian pernyataan pendapat merupakan salah satu bagian teks eksposisi yang berisikan pendapat dari penulis secara pribadi tentang topik atau masalah yang dibahas. Bagian tesis ini biasa terdapat di awal paragraf sebagai pembuka sebuah teks eksposisi.

3. Argumentasi (Alasan)


Argumentasi menjadi salah satu dari struktur teks eksposisi yang memuat alasan-alasan untuk memperkuat argumen penulis dalam menyetujui atau menolak suatu gagasan yang telah disampaikan sebelumnya dan menjadi topik pembahasan teks eksposisi.

Dalam bagian argumentasi, penulis menuliskan fakta dan pernyataan-pernyataan yang memperkuat pendapat pribadinya, biasanya juga disertakan sumber-sumber yang valid dan terpercaya dari ahli dan pakar di bidangnya masing-masing.

4. Penegasan Ulang (Simpulan)


Bagian struktur teks eksposisi berupa penegasan ulang ini biasa diletakkan di bagian akhir paragraf atau dibagian penutup artikel. Didalamnya berisi tentang pernyataan atau penegasan kembali dari pernyataan sebelumnya menyerupai kesimpulan sehingga pembaca lebih dapat memahami isi dari teks.

Contoh Teks Eksposisi


Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Jenis, Ciri-Ciri dan Contoh Teks Eksposisi
Contoh teks esksposisi / foto: myamcat.com

Setelah kalian memahami tentang pengertian teks eksposisi, fungsi dan tujuan teks eksposisi, unsur-unsur teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi, jenis jenis teks eksposisi dan struktur teks eksposisi diatas. Pada bagian ini kalian bisa melihat beberapa contoh teks eksposisi yang ditulis dengan benar dan sesuai kaidah penulisan.

Untuk contoh teks eksposisi tentang berbagai tema lengkap bisa dibaca disini => 13 Contoh Teks Eksposisi Singkat dan Struktur Penulisanya


1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan


Judul : 

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis :

Sekarang ini sistem pendidikan Indonesia mendapatkan pergantian yang sangat terasa. pergantian tersebut berkaitan dengan kurikulum yang dipakai dalam dunia pendidikan Indonesia.

Yang tentu saja, kurikulum 2006 yang sudah cukup berumur dilaksanakan diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak seluruh sekolah menerapkan kurikulum itu.

Argumentasi :

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada suatu waktu menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada setiap sekolah yang telah menjadi sekolah bertaraf Internasional atau terakreditasi A.

Daerah yang menjangkau distribusi buku juga termasuk bagian syarat kepada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menerangkan bahwasanya kurikulum 2013 ini berorientasi pada pembentukan pengetahuan, sikap, , keterampilan, tingkah laku yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah.

Tidak sekedar itu, kurikulum 2013 juga mengutamakan terhadap relasi antara proses pendidikan dengan rasa syukur kepada pemberian Tuhan Yang Maha esa pada ciptaannya yang telah dikasih karunia untuk mengolah dan memanfaatkan alam semesta ini.

Terlebih lagi mendorong dalam proses belajar mengajar yang didahului dari mengamati, bertanya, menalar, dan mencoba atau membuat.

selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim berkata, bahwa Kurikulum 2013 lebih mengutamakan praktek dibandingkan dengan menghafal.

Karena sampai saat ini, sistem hafalan banyak membebani murid yang malahan dianggap minim mengembangkan kreativitas.

Dengan Kurikulum 2013 ini juga, pemerintah memiliki tujuan menciptakan anak bangsa Indonesia yang inovatif, kreatif, aktif produktif dan afektif. Melalui kurikulum 2013 semua dari siswa diajarkan supaya mempunyai pengetahuan, keterampilan,karakter sikap dan tingkah laku.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta berpendapat bahwasanya sistem pendidikan kurikulum 2013 ini memilki suatu visi dan misi dalam menghasilkan karakter generasi yang bermutu berkualitas, cinta tanah air dan negerinya.

Tidak sekedat itu saja, kurikulum 2013 juga mengutamakan keaktifan peran siswa melalui proses pembelajaran, oleh dengannya membuat generasi masa depan tetap memiliki jati diri sebagai negeri Indonesia yang berkualitas.

Penegasan Ulang :

Meskipun begitu, tetap ada saja dari beberapa golongan masyarakat yang tidak menerima pelaksanaan kurikulum 2013 ini. pergantian kurikulum tersebut dianggap sangat tiba-tiba dan condong ada pemaksaan.

Terlebih lagi, ada yang mengatakan kurikulum ini kurang fokus karena mengkombinasikan 2 mata pelajaran yang terdapat substansi pokok yang tidak sama.

meskipun pengajaran mata pelajaran akan dikemas lebih sederhana, nyatanya tingkat pemahaman dan pengetahuan yang akan didapatkan siswa akan menjadi menurun sebab semua mata pelajaran tersebut tidak diajarkan secara total dan dilakukan secara terpisah pisah.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi


Judul :

Masa Depan Ekonomi Indonesia Tahun 2030

Tesis :

Indonesia menjadi buah bibir pada waktu pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF) atau World Bank (WB) 2012, Tokyo, 9-14 Oktober 2012 kemaren. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengambil satu topik khusus berkaitan dengan Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standart Chartered yang berpendapat bahwa ekonomi negara Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

Argumentasi:

Keyakinan itu pastinya beralasan. Indonesia diprediksikan mempunyai sekitar 90 juta jiwa yang berada di kelompok comsumming class. Angka itu ialah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Indonesia sampai sekarang ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 Miliar dollar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingg mencapai 1,8 triliun dollar AS mulai tahun 2017.

Penegasan ulang:

Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang baik dilalui begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan pada di tangan kita semua sekarang ini.

Link Referensi Materi Penting!


Dibawah ini terdapat beberapa link artikel yang relevan dengan teks eksposisi, silahkan dibaca dan dipahami isi materi didalamnya:


Kesimpulan


Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa teks eksposisi adalah teks yang didalamnya berisi informasi berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan sebuah informasi dan pengetahuan mengenai suatu topik dengan jelas, lugas dan kredibel. Contoh teks ini juga sangat mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam artikel yang dipublish oleh media cetak seperti koran dan surat kabar. Atau bisa juga dari media elektronik seperti berita online dsb. Bahkan ketika kalian sedang berdiskusi dengan teman pun ternyata didalamnya terdapat unsur-unsur teks eksposisi seperti yang dimaksud.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel