5 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar

Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar dapat dilihat berdasarkan struktur penulisan yang tepat dan gaya bahasa yang digunakan. Indikator-indikator ini memiliki peran penting dan sangat berpengaruh dalam sebuah keputusan apakah lamaran kerja Anda diterima atau ditolak oleh sebuah perusahaan. Dengan demikian, perlu kiranya anda mempelajari bagaimana cara menulis surat lamaran yang baik dan benar agar pengajuan lamaran kerja Anda diterima.
5 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar

Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda diharuskan menggunakan bahasa yang sopan, jelas, singkat, padat dan tidak bertele-tele. Penusisan surat lamaran yang terlalu panjang hingga menghabiskan satu halaman folio lebih, akan membuat orang jenuh membacanya. Bahkan bisa jadi surat lamaran Anda akan diabaikan dan tidak dibaca sama sekali. Satu halaman folio adalah ukuran yang normal. Tetapi bila ada keterangan yang dianggap perlu diajukan, sebaiknya diletakkan sebagai lampiran. Hal yang terpenting dalam menulis surat lamaran adalah menyampaikan keinginan untuk melamar pekerjaan dengan syarat-syarat yang dipenuhi.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara menulis surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar beserta contoh-contohnya, silahkan simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Surat Lamaran Kerja


Apa yang dimaksud dengan Surat Lamaran Kerja? Secara umum, pengertian surat lamaran kerja adalah surat permohonan kerja yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar Pekerjaan), untuk kemudian dikirimkan kepada suatu badan usaha atau instansi guna mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Surat lamaran pekerjaan ini  biasanya bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan menjadi karyawan ataupun jabatan tertentu sesuai pada iklan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Maka dari itu, dalam penulisan surat lamarannya perlu menyebutkan darimana sumber informasi lowongan kerja tersebut didapat, yaitu pada alinea atau paragraf pembuka. Apabila lamaran tersebut tidak diperoleh dari suatu sumber, maka penyebutan sumber pada alinea pembuka ini tidak diperlukan.

Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja


Untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, struktur penulisan surat perlu diperhatikan dengan cermat agar tidak terjadi kesalahan. Berikut merupakan bagian dalam strukur surat lamaran pekerjaan:
  • Tempat dan Tanggal pembuatan surat
  • Lampiran
  • Hal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Alinea pembuka
  • Alinea Isi
  • Alinea Penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan dan nama terang


1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal pembuatan surat ini ditulis dan diletakkan dibagian pojok kanan atas tanpa titik di akhir, karena bukan merupakan suatu kalimat.

Contoh :
Jakarta, 25 Maret 2019

2. Lampiran

Dalam penulisanya, kata "Lampiran" ini tidak boleh disingkat. Angka dalam kolom lampiran harus ditulis menggunakan huruf.

Contoh:
Lampiran: Satu Lembar

3. Perihal

Perihal dalam surat lamaran merupakan maksud dan tujuan dari surat lamaran

Contoh:
Perihal: Lamaran Kerja

4. Alamat Surat

Dalam penulisan alamat surat, tidak diperbolehkan menggunakan kata-kata “Kepada”. Penulisan alamat yang disarankan tidak lebih dari tiga baris. Untuk penulisan jabatan tidak boleh menggunakan jenis kelamin seperti halnya bapak atau ibu. Sedangkan penulisan “Jalan” pada suatu alamat tidak boleh disingkat. Tidak boleh menggunakan titik di masing-masing akhir barisnya.

Contoh :
Yth. Manager Maju Jaya
Jalan M.H Thamrin No. 05
Jakarta Pusat

5. Salam Pembuka

Setelah kata “Dengan Hormat” harus menggunakan koma.
Kata dengan hormat sebaiknya dapat dijadikan satu dengan kalimat selanjutnya, walaupun diganti baris seperti biasa juga tetap dapat digunakan.

Contoh :
Dengan Hormat, berdasarkan . . . . . . . . . . ( yang dianjurkan )
Dengan Hormat,
Berdasarkan . . . . . . . . . . ( tetap dapat digunakan )

6. Alinea Pembuka

Penulisan kalimat dalam alinea pembuka sebaiknya harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan, serta membuat instansi yang membacanya tidak tersinggung.

7. Alinea Isi

Dalam alenia isi ini terdapat beberapa pokok penting, seperti menuliskan identitas pelamar, menjelaskan maksud dan tujuan serta menyertakan lampiran.

8. Alinea Penutup

Dalam penutup kita harus menunjukan keantusiasan kita dalam melamar suatu pekerjaan pada instansi yang kita tuju.

Contoh : Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, besar harapan saya untuk bisa menjadi bagian dari perusahaan . . . . . . . . .

9. Tanda Tangan dan Nama Terang

Tanda tangan ini berada di pojok kanan bawah surat, kemudian dibawahnya ditulis nama lengkap anda.

Contoh : Hormat saya,

Contoh-Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja 


Setelah mengetahui strustur-struktur dalam penulisan surat lamaran kerja, dibawah ini terdapat beberapa contoh surat lamaran kerja umum yang baik dan benar yang bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi ketika Anda hendak melamar pekerjaan. Baik untuk instansi, perusahaan atau yang lainya.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar


Semarang, 12 Oktober 2019

Hal : lamaran pekerjaan
Yth,
Pimpinan Toko Buku Gramedia
Semarang

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari Toko Buku Gramedia yang saya dapatkan dari harian Republika pada tanggal 2 Oktober 2019. Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Digital Marketing di Toko Buku Gramedia.

Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama                                : Tanzania Brika 
Tempat / tgl. lahir        : Semarang, 05 Januari 1992
Pendidikan Terakhir   : S1 Manajemen Pemasaran
Alamat                              : Jl. Bunga Matahari No. 212
Telepon (HP)                  : 0812-2212-4321
Status                                : Belum Menikah

Saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan. 

Bersama dengan ini saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy ijazah S1
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas photo terbaru

Demikian surat lamaran permohonan pekerjaan yang saya berikan. Besar harapan saya, supaya  dapat diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya,
Materai 6000
Tanzania Brika 

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Jakarta, 17 April 2019

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                        : Ahmad Albar
Tempat ; tanggal Lahir              : Tangerang, 10 Februari 1991
Alamat                                      : Cempaka, RT 01 RW 03 Kwarasan, Grogol, Jakarta
No. HP                                      : 085 290 888 7777

Dengan ini,saya mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak / Ibu Pimpinan untuk diterima menjadi karyawan  di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya juga lampirkan:
  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas Foto 4×6
Demikian untuk menjadikan bahan pertimbangan, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan yang bapak atau ibu pimpin. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,
Ahmad Albar

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru


Purwokerto, 11 November 2019

Yth,
Kepala Pinpinan UD. Berkah Jaya
Jl. Semarang – Puwodadi Km 05

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini saya :

Nama : Muhammad Harun
Tempat, tanggal lahir : Pekalongan, 08 Maret 1990
Pendidikan : D3
Alamat : Melati, RT.12 / RW.34 Gondang, Pekalongan
Telepon : 0858 8901 1123

Bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai karyawan. Sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy Ijazah
  2. Fotocopy KTP
  3. Pas Foto

Demikian surat lamaran pekerjaan saya buat besar harapan saya untuk bisa diterima di Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Muhammad Harun

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Adelia Fransiska Helvi
12 Cisoka, East Java, CA 46115
0812-1294-4129
fransiskahelvi@gmail.com

Michael Owen
MLM Company
87 Sudirman
South Gandaria, Jakarta, CA 12140

Dear Mr. Owen,

I am writing this letter to apply for the marketing position advertised in the Republika Post. As requested at the advertisement, I am enclosing a completed job application, my certification, my resume, and two references.

The employment opportunity in the ad is very interesting. I believe that the knowledge and experience I have is able to make MLM, the company that you lead to achieve better performances. The strengths that I have in order to get this position are:
  1. I have helped to create a better branding image and gave the good impact on corporate profits.
  2. I have worked at two major companies engaged in insurance.
  3. Education that I have in the field of marketing, finance, and the computer operator is considered highly enough to get this position.
  4. I have a lot of expertise, especially in terms of computation and accuracy of digital marketing.
Please see my resume that I have enclosed for the additional information of my experiences. I can be contacted anytime via email at fransiskahelvi@gmail.com or my cell phone, 0812-1294-4129.

Thank you for your time and consideration. I very look forward to speak with you about this employment opportunity.

Sincerely,
Adelia Fransiska Helvi

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang ditulis tangan yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi. Silahkan tekan gambar untuk memperbesar.
5 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Itulah contoh surat lamaran kerja umum terbaru yang dapat Anda gunakan untuk referensi mencari kerja. Pastikan membuat surat lamaran kerja dengan sebaik-baiknya agar surat lamaran tersebut dapat diterima oleh HRD perusahaan. Dengan begitu, peluang diterima kerja pun dapat semakin besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel