Properti Tari Saman Aceh Yang Biasa Dipakai Saat Pentas

Properti Tari Saman Yang Biasa Dipakai Saat Pentas. Tari Saman adalah salah satu tarian paling terkenal di Indonesia dan banyak diajarkan di sekolah-sekolah di berbagai daerah. Tari Saman ini merupakan tarian asli Suku Gayo yang ada  di provinso Nangroe Aceh Darussalam. Tari saman telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali, 24 November 2011.
Tari Saman Aceh

Tari Saman tergolong sebagai tari kelompok karena dimainkan oleh banyak penari. Ketika dipentaskan, posisi pemain tari Saman semuanya dalam keadaan duduk, dengan demikian maka bagian tubuh yang bergerak secara dominan adalah kepala dan kedua tangan.

Dalam pentas tari saman, ada beberapa properti tari SAMAN yang biasa dipakai saat tampil diatas pentas. Beberapa properti yang dikenakan adalah seperti berikut.

Daftar Properti Tari Saman


Busana

Busana para penari tradisional khas Gayo ini terdiri dari atasan, kain sarung, dan bawahan berupa celana.

Ikat Kepala

Bulung Teleng atau tengkuluk merupakan hiasan kepala yang dikenakan melingkar di kepala para penari laki-laki.

Jilbab

Jilbab merupakan bagian dari kostum busana wajib yang harus dikenakan oleh para penari perempuan, karena dalam tarian ini sangat mengidentikan sebagai seorang muslimah.

Alat Musik

Untuk alat musik yang digunakan dalam pementasan tari saman sendiri biasanya berupa alat musik sederhana yaitu rebana. Rebana ini juga diidentikkan dengan budaya islam dari timur tengah.

Ada juga tari saman yang ditampilkan dengan tidak menggunakan iringan alat musik, akan tetapi hanya menggunakan suara dari para penari dan tepuk tangan dan dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha sebagai sinkronisasi dan menghempaskan badan ke berbagai arah.

Link Artikel yang Terkait


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel